8 Terpidana Mati Tuntas Di Dor Dini Hari Tadi

iLUSTRASI-TEMBAK-MATI
CIANJURNEWS.COM  – Akhirnya sebanyak delapan di antara sembilan terpidana mati kasus narkoba telah dieksekusi secara serentak di Lapangan Tembak Tunggal Panaluan, Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, Rabu dini hari tadi, pukul 00.25 WIB.
Mereka adalah Andrew Chan (warga negara Australia), Myuran Sukumaran (Australia), Raheem Agbaje Salami (Nigeria), Zainal Abidin (Indonesia), Rodrigo Gularte (Brazil), Silvester Obiekwe Nwaolise alias Mustofa (Nigeria), Martin Anderson alias Belo (Ghana), dan Okwudili Oyatanze (Nigeria).
Sementara pada detik-detik terakhir eksekusi terhadap terpidana mati berasal dari Filipina, Mary Jane Fiesta Veloso, ditunda pelaksanaannya. Hal ini dilakukan setelah presiden Joko Widodo mendapat permintaan penundaan dari pemerintah Filipina setelah tersiar kabar bahwa pelaku kepemilikan heroin yang menjadi alat bukti kasus Mary Jane tersebut, yang bernama Kristina Sergio telah menyerahkan diri kepada kepolisian Filipina. Maka dengan alasan tersebut eksekusi terhadap Mary Jane ditunda sambil menunggu proses hukum berjalan di negara tersebut.
Dalam sejumlah pemberitaan, Jaksa Agung H.M. Prasetyo membenarkan jika eksekusi terhadap terpidana mati Mary Jane ditunda pelaksanaannya karena perekrut perempuan itu sekaligus pemilik heroin yang menjadi dasar vonis mati bagi Mary Jane telah menyerahkan diri.
Sebanyak 14 regu tembak dari kesatuan Brimob telah menunaikan tugasnya mengeksekusi para terpidana. Setelah dinyatakan meninggal maka para terpidana mati tersebut di masukan ke dalam peti masing-masing untuk kemudian di semayamkan di tempat yang berbeda.
Ada 5 jenazah terpidana mati yang disemayamkan di Jakarta dan Bekasi yakni ‘Duo Bali Nine’ Myuran Sukumaran dan Andrew Chan, Martin Anderson alias Belo, Sylvester Obiekwe Nwolise alias Mustofa, dan Rodrigo Gularte. Sementara 3 terpidana mati lainnya yaitu Zainal Abidin dimakamkan di Cilacap, Okwudili Oyatanze  di makamkan di Ambarawa dan Raheem Agbaje Salami di makamkan di Madiun, Jawa Timur.
Pengawalan terhadap para jenazah dari Nusakambangan ke tempat persemayaman masing-masing dilakukan oleh aparat Satuan Lalu Lintas dan Sabhara Polda Metro Jaya, termasuk yang mengawal ke Bandara Cengkarang. Masing-masing jenazah akan dikawal 20 personel polisi ke Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, untuk dipulangkan ke negaranya masing-masing.
‎”Pengawalan terhadap jenazah yang akan berangkat dari kediaman atau kedubes tempat di mana jenazah disemayamkan ke bandara ada 20 personil untuk satu jenazah,” ujar Pjs Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Budi Wijanarko kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (29/4/2015).
Sementara itu satu lagi terpidana mati yaitu Serge Areski Atlaoui (WN Prancis) ditunda eksekusinya karena yang bersangkutan sedang melakukan gugatan ke PTUN. Sehingga Sergei  yang dipidana karena menjadi peracik di pabrik sabu di Cikande, Tangerang, lolos untuk sementara.
Serge pada Senin (27/4) diumumkan ditunda eksekusinya oleh kejaksaan. Eksekusi mati Serge ini memang mendapat banyak tentangan. Bahkan Presiden Prancis Hollande sampai mengancam menarik duta besarnya. Penolakan juga ramai di Prancis, penyanyi Anggun C Sasmi yang kini bermukim di Prancis pun sampai ‎mengirim surat ke Presiden Jokowi.
Lepas dari soal tekanan pemerintah Prancis, jaksa beralasan, Serge melakukan gugatan ke PTUN. Gugatan ini yang menjadi dasar penundaan.
(CN, dari berbagai sumber)
 

No Responses

Comments are closed.

Read previous post:
Komitmen Herman Agar Guru Honorer
Kang Herman Janji Honorer Lebih Sejahtera

CIANJURNEWS.COM -- Tingkat kesejahteraan guru honorer di Kabupaten Cianjur dinilai masih sangat minim. Karena itu, Calon Bupati Cianjur periode 2016-2021,...

panglejar
GMNI Tuding Pemkab Salah Kaprah Soal Rekomendasi PTPN Panglejar

CIANJURNEWS.COM – Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kabupaten Cianjur, menuding pemerintah telah salah kaprah mengeluarkan rekomendasi kepada PTPN VIII Panglejar...

IMG_20150427_105103
Kesbangpol Targetkan 70 Persen Suara Rakyat di Pilkada

CIANJURNEWS.COM – Mahalnya biaya pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Desember akhir tahun ini, membuat pemerintah Kabupaten Cianjur lewat Badan Kesatuan...

kpu sosialisasi
KPUD Dijejali Pencari Pekerja Politik

CIANJURNEWS.COM – Ratusan orang yang ingin bekerja sebagai pekerja politik di Pantia Pemilihan Kecamatan (PPK) selasa pagi kemarin (28/4) menjejali...

Herman Resmikan Sarana Air Bersih
Herman Resmikan Sarana Air Bersih Untuk Warga

CIANJURNEWS.COM --Sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat di Kabupaten Cianjur.  Direktur PDAM Tirta Mukti Cianjur, Herman Suherman meresmikan fasilitas penggunaan air...

Close