Aleg Tersangka Korupsi Sering Bolos Ngantor

anggota-dewan-miftah-korup-ditangkap-kejari
CIANJURNEWS.COM – Tersangka kasus korupsi dana desa peradaban yang sempat kabur, yang juga sebagai Aleg DPRD Kabupaten Cianjur, Miftah, ternyata sering membolos saat berkantor. Dia, tidak pernah sekalipun mengikuti kegiatan komisi.
Miftah merupakan Sekretaris Komisi IV DPRD Kabupaten Cianjur. Meski menduduki jabatan struktural, namun politisi Partai Demokrat itu tidak pernah mengikuti kegiatan komisi. Padahal komisi yang dibidanginya terbilang penting yakni menyangkut pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.
“Kalau jarang itu pernah, kalau ini tidak pernah sama sekali,” kata Ketua Komisi IV DPRD Cianjur, Sapturo saat dihubungi melalui sambungan telepon selelurnya.
Menurut dia, Miftah sempat hadir namun hanya pada rapat paripurna. Sedangkan pada kegiatan lain, kursi Miftah yang dia perjuangkan saat kampanye, tidak pernah terisi. “Kalau paripurna ikut, kalau kegiatan komisi tidak datang,” ungkapnya.
Dia mengungkapkan, kinerja Miftah tersebut sebenarnya telah dikoordinasikan dengan fraksi, yakni Demokrat. Mengingat, meski dia menjabat sebagai ketua komisi, namun sesuai mekanisme yang ada hal tersebut dikembalikan pada fraksi di mana anggota tersebut berasal.
Kondisi ini terbilang mengganggu kinerja komisi karena posisi cukup strategi pada struktural komisi. “Kalau komisi, kami menghargai mekanisme saja, yang bersangkutan itu kewenangan fraksi,” ujarnya.
Sementara itu, sejumlah petinggi dewan tidak bisa ditemui pada saat diminta tanggapan terkait penangkapan Miftah. Ketua DPRD Yadi Mulyadi yang menurut informasi tengah berada di Bandung tidak bisa dihubungi melalui sambungan telepon.
Miftah ditangkap setelah sempat menghilang selama 24 hari. Miftah menghilang saat sedang menjalani pemeriksaan di Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Cianjur, pada Rabu (6/5) lalu. Dia mengaku melakukan hal tersebut karena syok saat disodori berita acara penahanan.
Miftah ditetapkan sebagai tersangka pada kasus dugaan korupsi dana peradaban desa tahun 2012 sebesar Rp300 juta di Desa Ciherang Kecamatan Karangtengah Kabupaten Cianjur. Ketika itu, Miftah masih menjadi kepala desa. Aksi ‘kabur’ Miftah sempat membuat heboh, mengingat dia begitu leluasa keluar saat pemeriksaan dan tanpa adanya pengawalan.
Kepala Seksi Intelijen Kejari Sumber Melly Ginting mengatakan, sesaat setelah penangkapan Miftah langsung diserahkan penyidik pada penuntut umum. Miftah diperiksa sekaligus penuntut umum memeriksa sejumlah barang bukti. Kini, kata Ginting, Miftah menjadi tahanan titipan di Lembaga Pemasyarakatan Cianjur.
“Proses dari penyidik kemudian diserahkan pada penuntut umum untuk dilakukan pemeriksaan barang bukti. Tersangka sudah ditahan penuntun umum. Yang bersangkutan dimasukan ke LP Cianjur untuk 20 hari ke depan,” ujarnya.
Aksi ‘berani’ yang dilakukan Miftah beberapa waktu lalu diyakini Ginting sebagai upaya menghambat proses hukum. Tersangka pun ditahan karena dikhawatirkan kembali melarikan diri, dapat memengaruhi saksi dan menghilangkan barang bukti.

No Responses

Comments are closed.

Read previous post:
jalan rusak jonggol
Jelang Arus Mudik, Polisi Minta Dinas Binamarga Segera Perbaiki Jalan

CIANJURNEWS.COM - Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Cianjur, diminta melakukan perbaikan jalur alternatif menjelang musim mudik. Selain itu, marka...

sidang-putusan-chep-cianjur-_-1_20150604_113419
Ketum Garis Divonis 6 Bulan Penjara, Pendukung dan Polisi Bentrok

CIANJURNEWS.COM – Vonis enam bulan penjara terhadap Ketua Gerakan Reformasi Islam (Garis) Chep Hernawan, 67, dalam kasus penipuan, yang di...

pendaki tewas
Diduga Kedinginan, Mahasiswa IKJ Tewas Saat Mendaki Gunung Pangrango

CIANJURNEWS.COM – Seorang pendaki Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Kabupaten Cianjur tewas saat tengah berada di lokasi pendakian. Korban...

Prostitusi-Online-via-BBM
Orang Tua Laporkan Adanya Praktik Prostitusi Online

CIANJURNEWS.COM – Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Cianjur, menerima laporan adanya praktik prositusi melalui dunia maya...

uang-palsu
Polsek Ciranjang Temukan Puluhan Lembar Upal Didalam Mobil

CIANJURNEWS.COM - Jajaran petugas dari Polsek Ciranjang Kabupaten Cianjur berhasil menemukan ratusan lembar uang palsu (upal) dari sejumlah negara, Rabu...

Close