Belanja Pegawai Membengkak Mempan Kasih Lampu Kuning

menpan 2
CIANJURNEWS.COM – Kabupaten Cianjur sudah memasuki area lampu kuning untuk mempekerjakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) baru meski sebatas menganti pegawai yang pensiun. Belanja pegawai yang mencapai 55 persen dari total Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Cianjur tahun 2015, dinilai cukup membebani anggaran daerah dalam melaksanakan pembangunan di Cianjur.
“ Tidak boleh ada lagi penerimaan PNS baru di Kabupaten Cianjur hingga batas tolerasn belanja pegawai bisa masuk rasio wajar. Kalaupun terpaksa harus dilakukan disesuaikan dengan kuota yang ada,” kata Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Yuddy Crisnandi,  saat mengunjungi Kabupaten Cianjur pekan lalu.
Menteri menjelaskan, jika dalam satu tahun ada 100 PNS yang memaskui pensiun, maka pemerintah daerah hanya bisa mengganti dengan jumlah 20 orang PNS baru saja, sehingga belanja pegawai untuk Kabupaten Cianjur terus bisa ditekan dan dikurangi semaksimal mungkin.
Menteri juga menyinggung kedudukan pegawai K2 yang belum lama ini telah diberikan SK kerjanya oleh pemerintah daerah. Menurut Yuddy, pegawai dengan status K2 bisa dilakukan sesuai dengan kebijakan Kepala Daerah dalam hal ini Bupati tetapi harus didasarkan pada pos penempatan yang sesuai dan dibutuhkan.
“ Kalau memang dibutuhkan tentu bisa saja tapi Bupati harus mempertimbangkan semua aspek termasuk kebutuhan itu memang harus dilakukan dan ditutup,” kata Menteri.
Bupati Cianjur sasat dikonfirmasi langsung, mengaku kalau anggaran belanja pegawai di Kabupaten Cianjur hingga saat ini masih mencapai angka 55 persen dari total APBD di Cianjur.
Meski begitu, Bupati mengaku terus berusaha melakukan upaya penekanan agar belanja Pegawai bisa ditekan sehingga tidak membebani anggaran yang ada.
“ Kita terus melakukan upaya agar belanja pegawai tidak membenkak, sehingga dalam waktu ini Pemkab tidak menerima penerimaan PNS karena kuota sudah membengkak,” tegas Bupati.

No Responses

Comments are closed.

Read previous post:
data keluarga 2
Herman Didata Petugas Keluarga Berencana

CIANJURNEWS.COM -Calon Bupati Cianjur, periode 2016-2021, Herman Suherman ikut di data  program Pendataan Keluarga  oleh Badan Keluarga Berencana dan Perempuan...

try out bhs 2
Balad Herman Suherman Gelar Promosi Try Out Gratis

CIANJURNEWS.COM – Pembangunan suatu daerah di masa depan, diyakini bergantung pada kualitas pendidikan dan generasi mudanya yang terdidik. Para muda...

pilkad
KPP Desak KPU Jujur Dan Adil di Pilkada

CIANJURNEWS.COM – Ketua Komite Pemantau Pemilukada (KPP) Saeful Nazar, kembali mendesak Komisi Pemilihan Umum (KPU) daerah agar tidak melakukan manuver...

Foto Rafi
Herman: Kalau Mau Teror Mendingan Langsung ke Saya

CIANJURNEWS.COM --Menanggapi teror terhadap Rafi FM terkait penayangan adlibs Herman Suherman, Bakal Calon Bupati Cianjur tersebut mengaku menyayangkan kejadian tersebut....

Foto Rafi
Tayangkan Iklan Calon Bupati, Radio Rafi Diancam Sabotase

CIANJURNEWS.COM -- Stasiun Radio Rafi FM mendapat SMS ancaman dari orang tak dikenal karena menyiarkan adlibs bakal calon Bupati Cianjur,...

Close