DPRD dan Warga Mulai Endus Ketidakberesan Ijin Minimarket

mini-market
CIANJURNEWS.COM – Mudahnya ijin mini market yang dikeluarkan Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal (BPPT-PM) Kabupaten Cianjur, terus menuai protes dari berbagai kalangan pengusaha kecil dan masyarakat. Jarak yang terlalu pendek antara satu mini market dengan mini market lainya, mengakibatkan persaingan bisnis tidak sehat dan berdampak pada keberadaan warung-warung kecil di tengah masyarakat.
Beberapa kalangan bahkan menuding, mudahnya ijin mini market yang sekarang dikeluarkan pemerintah dibawah kendali Bupati Cianjur Tjetjep Muchtar Soleh, ditengarai penuh dengan aroma jual beli ijin tanpa prosedur yang sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) No 7/2001 tentang pengaturan ijin mini market di Kabupaten Cianjur.
Fenomena yang berdampak pada usaha rakyat kecil ini, langsung mendapat reaksi keras dari anggota Komisi II DPRD Kabupaten Cianjur, H Cecep Syaepudin Zuhri. Menurutnya, pembangunan minimarket harus diatur dan dibatasi secara tegas karena bila dibiarkan jumlahnya akan terus bertambah beratus kali lipat.Bila itu terjadi, maka tidak ada penyeimbang antara pasar tradisional dengan pasar modern.
“Kalau pasar tradisional dianggap sebagai aset daerah, buat apa dibangun kalau pasar modern perizinannya tidak terkendali,” tegasnya kepada wartawan kemarin.
Menurut Cecep, banyaknya pasar modern dengan radius yang berdekatan sangat merugikan keberadaan pasar tradisional, sehingga bisa menjadi kompetisi yang tidak sehat.
“Bayangkan pertumbuhan penduduk semakin tinggi, kemudian pasar modern jaraknya berdekatan, sedangkan pasar tradiaonal hanya ada di setiap wilayah atau kecamatan, jelas konsumen memilih yang dekat dan itu sangat merugikan,” ungkapnya.
Ditambahkan dia, solusi untuk tidak menggeser pasar tradisonal pada kebangkrutan adalah kembali kepada pemerintah yang punya otoritas baik pengendalian atau perizinan.
“Saya lebih setuju pasar modern dibanggun di Cianjur selatan yang warganya sangat membutuhkan pasar dimana akses untuk ke kota sangat jauh,” katanya.
Selain itu dia mengharapkan, adanya pengawasan, keterbukaan jumlah mini market, dan radius atau jarak pembangunan mini market, serta pihak pemerintah sendiri tidak semena-mena memberikan izin membangun tanpa kajian yang akhirnya bisa banyak merugikan.
“Contohnya, di dalam pasar tradisional ada di pasar modern, dan itu sudah banyak kasusnya. Bagaimana bisa hal seperti itu terjadi,” pungkasnya.
Sebelumnya, terkait masalah ini, sejumlah perwakilan warga dari Cianjur selatan mendatangi Komisi I DPRD Cianjur,. Mereka mengadukan adanya pembangunan minimarket baru yang lokasinya bertentangan dengan Perda.
H Dadang Efendi (54), tokoh warga Cianjur selatan, menuturkan, dalam perda tersebut diatur bahwa jarak minimarket dengan minimarket minimal 500 meter. Sementara yang terjadi pembangunan minimarket yang hanya berjarak puluhan meter.
“Kami datang ke Komisi I DPRD Kabupaten Cianjur untuk mengadukan adanya pembangunan minimarket baru yang hanya berjarak puluhan meter. Setahu kami jelas ada perda yang mengatur keberadaan minimarket. Apakah seperti dibiarkan saja, tentu harapan kami tidak demikian,” katanya.

No Responses

Comments are closed.

Read previous post:
operasi simpati
Ribuan Kendaraan Bermotor Ditilang Polisi

CIANJURNEWS.COM – Ribuan kendaraan bermotor berhasil ditilang Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cianjur, dalam operasi Simpatik Lodaya yang dilaksanakan selama...

komariah
Lagi dan Lagi, TKW Cianjur Disiksa Majikan Di Negeri Arab

CIANJURNEWS.COM – Lembaran cerita pilu penuh ketir yang menimpa Tenaga Kerja Indonesia (TKI) terutama Tenaga Kerja Wanita (TKW), saat bekerja...

pramuka dede yusup2
Dede Yusup Resmikan Jembatan Bambu Buatan Pramuka

CIANJURNEWS.COM -- Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Barat, Dede Yusuf, Minggu pagi (26/4), meresmikan jembatan bambu yang dibuat para penggerak...

Ditunggu Warga Herman Hadiri Peringatan Isra Miraj
Warga Sukaraharja Berebut Selfie Dengan Kang Herman

CIANJURNEWS.COM -- -Calon Bupati Cianjur, Herman Suherman menghadiri peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW di halaman Desa Sukaraharja Kecamatan Cibeber...

pramuk
Kang Herman Maknai Pengabdian Pramuka Jika Jadi Bupati

CIANJURNEWS.COM -- Disela kesibukannya ngurus air bersih, Direktur Utama PDAM Tirta Mukti, Cianjur, Herman Suherman yang kini dikenal sebagai Bakal...

Close