Dugaan Korupsi Ruang Belajar MAN Pacet, Kejari Tahan Kasek

kepsek MAN Pacet
CIANJURNEWS.COM – Kejaksaan Negeri (Kejari) Cianjur, menahan Moh Dede Kamaludin, Kepala Sekolah salah satu madrasah aliyah negeri di Cianjur. Dede ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi pembangunan ruang belajar MAN Pacet Kabupaten Cianjur tahun 2011, dengan total anggaran pembangunan tersebut mencapai Rp4,5 miliar.
Dede merupakan orang ketiga yang ditetapkan tersangka setelah sebelumnya Kejari menjerat Pupu dan Yudi selaku pemborong. Bahkan Pupu dan Yudi telah divonis bersalah oleh Pengadilan Tipikor. Sedangkan Dede, pada tahun anggaran tersebut berkedudukan sebagai Kepala MAN Pacet Kabupaten Cianjur sekaligus kuasa pengguna anggaran.
Kepala Kejaksaan (Kajari) Cianjur Wahyudin mengatakan, modus yang digunakan para pelaku yakni dengan mengurangi komposisi bangunan yang sebelumnya telah disepakati dalam kontrak. Selain itu, akibat praktik para pelaku tersebut, pembangunan ruang belajar MAN Pacet hingga kini terbengkalai.
“Itu pembangunan gedung MAN Pacet yang tidak sesuai dengan yang direncanakan. Speknya. Yang sekarang mangkrak. Total anggaran pembangunannya Rp4,5 miliar,” kata Kajari.
Usai dilakukan pemeriksaan pada Kamis (4/6) di Kantor Kejari Cianjur, Dede akhirnya ditahan dan dititipkan di Lembaga Pemasyarakatan Cianjur. Dede diperiksa selama kurang lebih sembilan jam dari pukul 10.00 WIB hingga 19.00 WIB. Menurut Wahyudin, Dede ditahan karena ditakutkan melarikan diri dan menghilangkan barang bukti.
Hasil pemeriksaan pun, kata Wahyudin, menguatkan posisi Dede sebagai salah satu orang yang bertanggung jawab pada kasus penyelewengan uang negara ini. Bahkan peran Dede pada praktik korupsi ini pun telah tercium sejak lama yakni ketika penyelidikan mulai digelar.
“Sudah kebaca dari awal, cuma seperti diketahu penyidikan ini bergulir terus dan kami mencari timing yang bagus (untuk dilakukan penangkapan). Dari hasil pemeriksaan, penyidik menyimpulkan dilakukan upaya penahanan. Karena di sini penyidik ada kekhawatiran untuk jangan-jangan melarikan diri dan sebagainya, akhirnya dilakukan upaya paksa penahanan,” ujarnya.
Dede merupakan warga Kelurahan Solokpandan Kecamatan/Kabupaten Cianjur. Pegawai negeri sipil tersebut kini tercatat sebagai kepala sekolah aktif di salah satu madrasah negeri di Cianjur.
Penahanan sempat diwarnai teriakan histeris dari salah seorang keluarga yang menemani Dede selama pemeriksaan. Ketika akan dititipkan ke lapas, Dede yang telah mengenakan rompi “istimewa” bertuliskan tersangka, sempat kaget. Dia terkejut saat sejumlah media telah menunggu sejak lama.
Tidak banyak yang dia ucapkan. Dede hanya menyatakan akan mengikuti proses hukum yang ada. “Saya ikuti saja proses hukumnya,” ujar Dede seraya bergegas memasuki mobil dengan kawalan petugas Kejaksaan.
Berdasarkan hasil penghitungan sementara, dugaan korupsi yang dilakukan Dede cs membuat negara merugi sebesar Rp301.707.170. Tidak menutup kemungkinan jumlah kerugian negara bisa bertambah. Begitupun dengan kemungkinan adanya tersangka baru dalam kasus ini.
“Tersangka baru masih kami tunggu. Kalau ada kemungkinan tersangka lain ya akan kami kembangkan,” ujar Wahyudin.
 

No Responses

Comments are closed.

Read previous post:
sugeng haryadi polres cianjur
Polres Ciduk Bandar Narkoba Jenis Ganja

CIANJURNEW.COM – Polres Cianjur, menangkap dua orang pelaku penyalahgunaan narkoba skala besar. Kedua pelaku, yakni, AS (19) dan RA (20),...

anggota-dewan-miftah-korup-ditangkap-kejari
Aleg Tersangka Korupsi Sering Bolos Ngantor

CIANJURNEWS.COM – Tersangka kasus korupsi dana desa peradaban yang sempat kabur, yang juga sebagai Aleg DPRD Kabupaten Cianjur, Miftah, ternyata...

jalan rusak jonggol
Jelang Arus Mudik, Polisi Minta Dinas Binamarga Segera Perbaiki Jalan

CIANJURNEWS.COM - Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Cianjur, diminta melakukan perbaikan jalur alternatif menjelang musim mudik. Selain itu, marka...

sidang-putusan-chep-cianjur-_-1_20150604_113419
Ketum Garis Divonis 6 Bulan Penjara, Pendukung dan Polisi Bentrok

CIANJURNEWS.COM – Vonis enam bulan penjara terhadap Ketua Gerakan Reformasi Islam (Garis) Chep Hernawan, 67, dalam kasus penipuan, yang di...

pendaki tewas
Diduga Kedinginan, Mahasiswa IKJ Tewas Saat Mendaki Gunung Pangrango

CIANJURNEWS.COM – Seorang pendaki Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Kabupaten Cianjur tewas saat tengah berada di lokasi pendakian. Korban...

Close