Menteri Coret Cianjur dari Map Wisata Internasional

puncak
CIANJURNEWS.COM– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur dibawah Bupati Tjetjep Muchtar Soleh kembali harus menelan ludah pahit setelah Kementerian Pariwisata, mencoret Kabupaten Cianjur dari Map (Peta Khusus Wisata) Wisata Internasional atau lebih akrab dikenal dengan sebutan Daerah Tujuan Wisata (DTW). Ini berarti, wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia, tidak akan pernah tahu destinasi wisata di Kabupaten Cianjur.
Informasi dicoretnya Kabupaten Cianjur dari DTW, diungkapkan seorang Pengamat Ekonomi dan Pariwisata Abdul Hamid saat diwawancara awak media lokal pekan kemarin. Abdul mengaku, telah mendapat informasi dari dari Kementrian Pariwisata, kalau Cianjur tidak lagi masuk dalam DTW sebagai daerah tujuan wisatawan internasional.
Abdul menjelaskan, kemungkinan Kabupaten Cianjur dicoret dipengaruhi beberapa faktor antaralain terkait tingkat kunjungan wisata yang menurun drastis beberapa tahun terakhir ini. Selain itu, buruknya infrastruktur yang menunjang kawasan wisata di Cianjur, juga menjadi salah satu alasan kuat Kementerian mendelete cianjur sebagai daerah tujuan wisata.
“Bisa dilihat di kawasan Ciboda,s Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, saat ini sudah tak terurus. Infrastruktur jalan rusak, sarana penunjang seperti WC di KRC juga tak terawat dan itu membuat wisatawan baik lokal maupun luar enggan untuk berkunjung” jelas Abdul.
Dijelaskannya, defenisi kawasan pariwisata bisa dilihat dari alat kelengkapan pariwisata seperti infrastruktur yang menunjang dan SDM yang mumpuni. Sehingga jika itu dilengkapi menciptakan kawasan wisata dengan one stop tourism, layaknya kawasan wisata di Yogyakarta.
Menurutnya, Pemerintah sejak awal seharusnya memiliki konsep jelas tentang pengembangan wisata di Cianjur, apalagi setelah Tol Cipularang dibuka. Pemerintah terkesan tidak mau melakukan apa-apa dan pasrah dengan keadaan yang memburuk,” tegas Abdul.
Dibalik dicoretnya Cianjur, kata Abdul, ada kesalahan besar yang perlu ditebus pemerintah terhadap masyarakat Cianjur terutama warga yang selama ini berjibaku mengembalikan Cianjur sebagai tempat tujuan wisata.
“ Sekarang bayangkan, akan ada banyak hotel yang merugi karena tingkat kunjungan wisata semakin menurun. Jika ini terjadi, para pengusaha bisa saja melakukan perlawanan dengan tidak membayar kewajiban pajak karena tidak mendapatkan layanan yang setimpal dari pemerintah,” beber lelaki yang bekerja sebagai dosen Ekonomi dan Politik di salah satu perguruan tinggi
Terpisah Pemerhati Sosial dan Pariwisata Ari Rachmat mengaku, jika Cianjur dicoret dari Daerah Tujuan Wisata (DTW) di daftar pemerintah pusat dalam hal ini kementrian pariwisata akan berdampak negatif. Dampak buruknya secara nasional, Cianjur akan dihapus dari map turis Internasional.
“Cianjur dihapus dalam DTW ini, menjadi bukti ketidak seriusan Pemkab mengembangkan potensi wisata Cianjur. Lihat saja, fasilitas umum diberbagai tempat pariwisata Cianjur tidak terurus,” jelasnya.
Dengan kenyataan ini, pembangunan infrastruktur Puncak II akan dipending terlebih dahulu. Pasalnya, informasi yang diterimanya, pemerintah pusat akan merampungkan terlebih dahulu jalan tol Ciawi – Sukabumi -  Tasikmalaya – Cilacap.
“Jika demikian, dicoretnya Cianjur dari DTW, Cianjur bukan hanya tidak menjadi daerah wisata, lintasan pun sulit. Jelas ini berdampak kepada tingkat perekonomian masyarakat,” bebernya.

No Responses

Comments are closed.

Read previous post:
kasat donor
Sat Pol PP dan Satlinmas Siap Bekerja Profesional

CIANJURNEWS.COM -- Stigma tegas dan galak sudah merekat di lembaga Sat Pol PP dan Satlinmas dalam menjalankan tugasnya. Wajar, karena...

17042015 HUT POL PP 65 056
Ragam Kegiatan Meriahkan Hut Sa Pol PP dan Satlimas ke 65 di Cianjur

CIANJURNEWS.COM – Berbagai kegiatan diselenggarakan untuk menyambut hari Jadi Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) ke 65 dan Hari...

gubernur
MPKP Tuding Pemkab Gagal Jalankan Pembangunan Sektor Pertanian

CIANJURNEWS.COM – Organisasi Masyarakat Peduli Ketahanan Pangan (MPKP) menuding Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur, gagal dalam menjalankan pembangunan di bidang pertanian...

anti Jokowi
Mahasiswa Desak Jokowi Segera Lengser

CIANJURNEWS.COM – Aksi demontrasi menentang pemerintahan Presiden Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi, Rabu (16/4) kemarin dilakukan Puluhan Mahasiswa Universitas...

fahira idris
Petugas Disperindag Geruduk Supermarket Razia Miras

CIANJURNEWS.COM -- Sejumlah mini market di Kota Cianjur, Kamis (16/4) siang kemarin digeruduk petugas dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (disperindag)...

Close