Orang Tua Laporkan Adanya Praktik Prostitusi Online

Prostitusi-Online-via-BBM
CIANJURNEWS.COM – Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Cianjur, menerima laporan adanya praktik prositusi melalui dunia maya (online) terjadi di Cianjur. Jasa pemuas syahwat ini mempekerjakan para perempuan yang masih berstatus pelajar. Bahkan, setiap “pekerja” dibelikan sepeda motor untuk memudahkan ketemu klien hidung belang.
Laporan tersebut masuk dari orang tua yang mendapati anaknya terjerumus pada jaringan prostitusi berjaring. “Laporannya masuk belum lama ini, dan kami masih terus memperdalam laporan ini,” kata Kepala Bidang Advokasi dan Penanganan Kasus P2TP2A Kabupaten Cianjur Lidya Indayani Umar, kemarin.
Berdasarkan laporan yang diterima, kata Lidya, orang tua tersebut pertama kali mendapati sang anak melalui ponsel pintarnya. Pada ponsel tersebut, sang anak masuk dalam grup perbincangan yang berisi para perempuan cantik nan seksi, sebaya dengan anaknya. Dalam grup pun terdapat akun pria yang diduga koordinator.
“Kata-kata di dalamnya prokem katanya, kata-katanya tidak dimengerti si orang tua. Tapi menjurus ke hal yang mengkhawatirkan. Katanya cari lagi orang atau adik kamu yang minimal perawan. Tapi kami minta orang tua itu untuk memastikan dan lalu kita buat laporan bersama-sama,” ujarnya.
Kecurigaan sang anak masuk pada jaringan tersebut diawali dari perubahan tingkah laku. Dalam beberapa waktu terakhir, si anak kerap membawa baju ganti saat berangkat ke sekolah. Pulangnya pun sering terlambat. Lebih dari itu, ada seseorang yang membelikan dia sepeda motor baru, lengkap dengan surat-surat kepolisian atas namanya.
Menurut orang tua, kata Lidya, sepeda motor itu diberikan tidak hanya kepada anaknya namun ke teman-teman yang tergabung pada grup itu. Sang anak pun menyatakan orang tua tidak perlu lagi memikirkan biaya hidupnya. “Katanya mamah tidak perlu lagi pikirin biaya sekolah sama hidup dia. Dia pun ingin membantu adiknya sekolah,” katanya.
Menurut Lidya, melihat dari orang tuanya, keluarga tersebut sebenarnya dalam kondisi mampu. Namun, diduga, si anak terlanjur tergoda dengan iming-iming mudah mencari uang. Apalagi di dalamnya banyak teman-teman yang juga diberi motor dan pakaian. “Nanti katanya kamu pakai baju anu ketemuan di anu, begitu di petikan percakapan dari laporan orang tua,” terangnya.
Kasus prostitusi melalui dunia maya ini marak setelah seorang penyalur wanita diamankan pihak kepolisian. Menurut Lidya, pengungkapan kasus tersebut membuat para orang tua kini berani melapor.
Lebih lanjut, kata dia, prostitusi yang melibatkan pelajar ini diakui oleh para guru saat menggelar sosialisasi ke sekolah-sekolah. Para guru mengkhawatirkan banyaknya para siswa yang diperbolehkan tinggal di kos. Dari situ potensi adanya tindak prostitusi dinilai tinggi. “Ternyata pas dilakukan razia ke kosan-kosan pelajar itu kami lihat ada celana pendek, rokok, kondom. Itu di tingkat SMP,” ujarnya.
Sementara itu, Kapolres Cianjur, AKBP Asep Guntur Rahayu membenarkan adanya indikasi prostitusi dalam jaringan di Cianjur. Namun, menurut dia hal tersebut bukan termasuk pada prostitusi online melainkan melalui pesan singkat dan percakapan pada ponsel.
“Sejauh ini belum ditemukan tapi mungkin bukan online, tapi sms ke sms dan bbm ke bbm, tapi belum beriklan ke media sosial,” ungkapnya.
Meski demikian, Polres tengah mengumpulkan informasi dan melakukan penyelidikan mengenai praktik tersebut. Dugaan sementara, kata dia, prostitusi tersebut tidak dilakukan oleh perorangan melainkan berjaring.
“Sepertinya berjaring dan juga ada mucikarinya juga. Kami akan gali di Cianjur ini mata rantainya apakah terkait dengan puncak atau seperti apa. Apakah daerah Cianjur ini pengirim pekerja seks atau tempatnya aja. Kami harapkan masyarakat berkontribusi memberi informasi pada kami,” katanya.

No Responses

Comments are closed.

Read previous post:
uang-palsu
Polsek Ciranjang Temukan Puluhan Lembar Upal Didalam Mobil

CIANJURNEWS.COM - Jajaran petugas dari Polsek Ciranjang Kabupaten Cianjur berhasil menemukan ratusan lembar uang palsu (upal) dari sejumlah negara, Rabu...

kejari-cianjur
Buron Satu Tahun, Mantan Kades Diciduk

CIANJURNEWS.COM - Tim dari Kejaksaan Agung (Kejagung) dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Cianjur, berhasil menangkap buronan tersangka korupsi Dana Desa Peradaban,...

kecelakaan
Kecelakaan Buruntun Belasan Orang Luka Berat Dua Meninggal

CIANJURNEWS.COM – Kecelakaan maut yang melibatkan satu Bus pariwisata dengan sejumlah kendaraan lain, senin malam kemarin (26/5) sekitar pukul 21.00...

IMG-20150525-WA0002
Herman – Ade Barkah Didepan yang Lain Masih Ngintip

CIANJUR – Dua kandidat Calon Bupati (Cabup) masing-masing Herman Suherman dan Ade Barkah Surachman, semakin didepan menjadi figur yang paling...

cvi hermn
Herman dan Ade Barkah Ramai Diisukan Duet Di Pilkada

CIANJURNEWS.COM – Suasana politik menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember 2015 ini terus meningkat, termasuk isu pasangan Calon Bupati...

Close